Rabu, 20 Februari 2013

First Experience

Practice to make perfect kalimat itu benar adanya. membuat sesuatu menjadi lebih baik dan lebih sempurna memang butuh latihan dan kerja keras. Fasilitas bukanlah hal yang utama, terkadang kita harus berfikir keras dan butuh berfikir keluar untuk bisa mendapatkan jalan. Namun jika telah memiliki fasilitas jangan sampai kita termanjakan oleh fasilitas yang ada sehingga menjadikan kita tak dapat berkembang lebih jauh menggali potensi yang ada. Ini yang terjadi pada Crafttamorphosis, kita memulai menekuni quilling dari awal, dari tidak tahu apa - apa hingga sekarang cukup tau. Kesulitan atau kendala pada awalnya adalah ketika memulai memutuskan akan mengambil jalur ini (quilling paper), karena belum cukup familiarnya istilah quilling paper di lingkungan saya. Namun ini bukanlah kendala yang berat karena sekarang ini internet sudah sangat mudah diakses. Kesulitan yang tak mudah adalah bagaimana mendapatkan peralatan seperti jarum quilling misalnya. Saya harus browsing penjual jarum quilling, ketika ketemu, masih jg terkendala hal yang klise yaitu harganya mahal! Teman - teman yang akan mempelajari quilling paper bisa coba browsing, berapa harga jarum quilling, harga termurah yang saya temukan adalah Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah), karena Online shop berarti belum termasuk ongkos kirim, y... bagi saya ini mahal. Namun saya tak berhenti disitu, sambil mencari tempat penjual yang dekat dan murah saya tetep berlatih, dengan apa? Saya ambil cotton bud, saya potong ujungnya, dan pada ujungnya saya belah jadi 2 bagian, menjadi bentuk pengait seperti jarum quilling, kira - kira seperti ini....



cotton bud
Ya... saya latihan pertama menggunakan cotton bud seperti gambar di atas. Lebih sulit memang, karena tidak kaku seperti jarum, namun lumayan lah buat latihan awal bikin bentuk - bentuk yang sederhana. Setelah seminggu latihan, secara tak sengaja saya menyenggol jarum jahit di atas meja dan terjatuh. Secara kebetulan langsung terfikirkan bagaimana jika lubang jarum ini lebih besar, lalu dipotong di bagian ujung lubangnya, lalu ditancapkan pada sebatang kayu??? Dari situ saya mencobanya menggunakan jarum kristik, yang seperti ini. 

Jarum Kristik
Dan setelah dipotong dan ditancapkan ke sebatang kayu jadilah jarum quilling. Seperti ini jarum yang saya buat sendiri. 
Jarum quilling dari jarum kristik
hasilnya cukup kuat, dan murah!!! Harga jarum kristik perbatang hanya sekitar Rp 500 - 750 saja, batang kayunya ambillah dari sekitar rumah, bambu juga bisa dan ini yang saya maksud bahwa fasilitas yang minim akan membuat kita bisa berfikir lebih kreatif. jadi, kalo bisa buat, ngapain beli mahal....!!!!

Kalo untuk membuat strip kertasnya saya beli mini paper shredder, sama proses untuk mendapatkannya ya browsing lagi, cuma buat bandingin harga, cari tempat yang paling dekat dari semarang, dan yang paling murah. Saya dapat mini paper shredder dengan harga paling murah yaitu Rp 60.000,- (ga tau kemahalan ato ga). Yang penting saya sudah terapkan prinsip ekonomi, jadi walaupun Online shop tetap saya tawar, dapatlah harga yang tetap Rp 60.000 tapi sudah termasuk ongkos kirim dari bandung ke semarang. ya lumayan lah... begini tampilan mini paper shredder yang saya beli.

Mini Paper Shredder
Alhamdulillah, lumayan lah dari pada motongin satu persatu pake cutter, lebih menghemat waktu, walaupun kekurangannya kalo pake mini paper shredder hasil potongannya selalu bergerigi. Mulailah saya buat strip - strip kertas warna warni. Kertas yang saya pakai, kertas manila 100gr. 

Kertas Manila 100gr

Strip Kertas dari Mini Paper Shredder

Ketika semua siap, alat, bahan, dan kelengkapan lainnya Let's be creative Quilling paper. Dan ini hasil dari beberapa bulan latihan. 

Quilling Bros dan Gantungan Kunci
Kura - kura Hiasan Meja

Bros Capung Crafttamorphosis

Bros Bunga Crafttamorphosis

Untuk bentuk dan model, kita bisa cari reverensi dari internet, karena sangat banyak yang bisa kita pelajari dan dijadikan revernsi baik 2D ataupun 3D. 
So,,, Let's Quilling with crafttamorphosis, because all of this is fun. Dan semoga bermanfaat...
Semangat Peduli...!!!
-GA-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar