Minggu, 03 April 2016

Trik 'n Strategy

Assalamualaikum sahabat larvamorphosis & pecinta quilling

Saya berharap kalian semua selalu dalam kondisi sehat, tak Cuma kalian, tapi semua keluarga juga sehat sehingga kalian dapat selalu menghasilkan karya – karya quilling yang baik serta dapat selalu berbagi ilmu agar bermanfaat buat sahabat – sahabat yang lain. Amin.

Postingan kali ini saya ingin memberikan tips – tips untuk menjual hasil karya kalian. Saya bukan pakar ataupun orang yang ahli dalam menjual, ini hanya tips berdasarkan pengalaman saya pribadi yang semiga bisa bermanfaat buat sahabat – sahabat semua yang membaca postingan kali ini.

Sampai saat ini kendala saya untuk bisa berjualan adalah masalah produksi, kesibukan bekerja hanya menyisakan waktu untuk istirahat, sehingga tak sempat untuk berproduksi, kalaupun ada pesanan saya butuh untuk waktu yang cukup lama sementara teman – teman yang sudah tau sebenarnya masi menginginkan untuk aksesoris quilling dari saya.

Dulu saya memulai menjual melalui social media, blog ini pun cukup membantu saya untuk mempromosikan apa yang saya hasilkan. Facebook, instagram, flickr, dan blog ini saya manfaatkan, juga teman – teman pada awalnya saya bagi gratis untuk perkenalan, atau mencontoh strategi jualan Bandar narkoba, awalnya kasih gratis kalo sudah kecanduan ya harus beli dan dengan harga yang mahal. Hahahahaa…

Selain itu saya juga menerapkan cara jualan dengan tetap mengusung unsur charity, membeli berarti beramal. Waktu itu kami jual, dan kami menyisihkan 100 – 500 rupiah dari keuntungan per-pcs nya untuk disumbangkan. Dari jualan teman ke teman dan promosi d social media, akhirnya ada teman yang mengajak untuk ikut menjualkan di even bazaar di kampus – kampus. Harga dibanding dengan yang jual akssoris hand made lainnya harga nya masih lebih mahal namun hasilnya lumayan sekali. Awal jualan memang banyak yang meragukan ketahanan aksesoris dari kertas ini, namun dengan cara meyakinkan yang baik serta memberikan garansi (asal ga terendam / tercuci) aksesoris ini akan tetap baik bentuknya dan mereka pun percaya, dan sampai saat ini pun yang dulu membeli masih banyak yang awet dan bertahan juga masih sering dikenakan.

Jualan tak hanya dilingkup seperti itu, kita harus lebih berfikir luas untuk menjual. Anda bisa menjual dengan bekerja sama dengan penjual aksesoris untuk pernikahan, atau bekerjasama dengan wedding atau even organizer. Anda juga bisa memasukkan ke centra UMKM yang ada disekitar tempat tinggal anda atau masih banyak lagi ide – ide untuk mejual hasil karya anda. Namun tentunya anda sudah memiliki stock produk yang cukup banyak untuk anda jual, jangan sampai mengecewakan. Jika anda tidak memliki stock yang cukup mintalah kesediaannya untuk menunggu beberapa hari untuk memenuhinya, namun target waktunya harus di tepati. Untuk kerajinan quilling yang dijual jangan hanya terpaku untuk aksesoris saja, anda dapat membuat quiiling untuk aplikasi hiasan dinding, seperti kaligrafi, lukisan atau untuk perlengkapan mahar seperti box mahar yang di dekorasi quilling, atau bisa foto frame dengan dekorasi quilling dll. agar lebih variatif.

Untuk mencukupi hasil produksi saya rasa anda harus mengkaryakan orang untuk membantu anda, anda tidak mungkin bekerja sendiri, sementara itu untuk mengkaryakan orang lain berarti anda harus melatih / mengajari orang tersbut agar bisa membuat sesuai yang anda inginkan. Untuk mengkaryakan orang dengan mengajarinya, andan bisa mengawalinya dengan membuat semacam pelatihan atau workshop membuat kerajinan quilling. Kegiatan – kegiatan seperti itu juga dapat anda manfaatkan untuk menjual hasil karya anda atau menjual peralatan – peralatan dan bahan quilling anda. Kegiatan workshop / pelatihan yang anda buat pada akhirnya akan sangat memantu anda untuk membuat pondasi usaha anda dalam membuat kerajinan quilling anda.

Kurang lebih gambaran secara garis besar nya ketika anda ingin menjual dan berkarya membuat usaha kerajinan quilling paper. Semoga tips ini dapat mebantu dan bermanfaat bagi sahabat – sahabat larvamorphosis dan pecinta quilling paper.  Terimakasih atas kunjungannya di laman blog kami ini.

Salam peduli…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar